Friday, March 17, 2017

Selamat Jalan Raja Salman

Setelah berlibur selama sembilan hari di Pulau Dewata, Raja Salman bin Abdulaziz al Saud akhirnya meninggalkan Indonesia dan menuju Jepang. Minggu, 12 Desember menjadi hari terakhir Raja Salman berada di Bali. Sejumlah aparat gabungan TNI-Polri, Satpol PP dan Pecalang atau petugas keamanan adat Bali ikut serta mengamankan ribuan warga yang berjejer di pinggir jalan, melepas keberangkatan Raja Salman.





Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin melepas kepulangan Raja. Selain Menag dan Menlu, hadir juga Gubernur Bali Made Mangku Pastika, Kepala Polda Bali Inspektur Jenderal Petrus Golose, dan Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Kustanto Widiatmoko.

Pemimpin negeri kaya minyak itu naik pesawat menggunakan tangga elektronik, yang dibawa khusus dari Arab Saudi. Mengenakan gamis putih dan jubah warna keemasan, Raja Salman perlahan naik ke pesawat sembari tersenyum dan melambaikan tangan kepada para pengantarnya.

Pesawat jumbo jet Boeing 747 seri 400 yang membawa Raja Salman akhirnya lepas landas pukul 11.15 Wita, dari landasan pacu sebelah timur Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Pesawat cadangan dan pesawat yang mengangkut kru dan tim medis menyusul 15 menit, setelah pesawat Raja Salman tinggal landas.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Bandara Ngurah Rai Arie Ahsanurrohim menjelaskan, selain tiga pesawat tersebut, pukul 15.00 Wita 200 orang rombongan Raja Salman juga menyusul ke Jepang.

Satu penerbangannya lain berangkat ke Beijing, China yang mengangkut kargo milik rombongan Raja Salman sekitar pukul 16.00 Wita. Sebelum Raja Salman tinggal landas, satu pesawat Saudi Arabia Boeing 777 seri 300 dari Haneda, Jepang telah mendarat di Bali sekitar pukul 06.30 Wita, untuk menjemput rombongan lainnya ke Jepang. Total, menurut Arie, ada tujuh penerbangan yang mengiringi pesawat Raja Salman saat meninggalkan Bali menuju Haneda, Jepang.

No comments:

Post a Comment