Saturday, March 18, 2017

Mengintip Kemewahan 5 Istana Raja Arab Saudi

Kekayaan kerajaan Arab Saudi menjadi topik hangat belakangan ini. Hal ini disebabkan karena kedatangan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulazis al-Saud ke Indonesia pada tanggal 1-9 Maret 2017. Kedatangan sang raja menyorot perhatian netizen karena banyaknya jumlah rombongan yang dibawa beserta kemewahan yang menyertai sepanjang perjalanan sang raja.

Kali ini, topik yang akan dibahas adalah istana megah yang dimiliki oleh keluarga kerajaan Arab. Keluarga kerajaan juga memiliki beberapa istana yang dipakai sebagai tempat tinggal, gedung pemerintahan, hingga dialihfungsikan sebagai museum untuk masyarakat luas. Yuk kita intip langsung.

#1. Erga Palace


Dari luar, Erga Palace terlihat sederhana dengan bangunan yang tidak begitu tinggi. Di depannya terdapat sebuah kolam dengan air mancur yang membuat suasana terlihat lebih segar. Tatanan interior di dalam Erga Palace, tepatnya di ruang kerja Raja Salman, dipenuhi dengan furnitur berwarna emas.

#2. Qishlah



Istana ini terletak di kota Ha'il, Arab Saudi. Istana ini dibangun di masa pemerinntahan Pangeran Abdul-Aziz bin Musa'ad Al Saud. Sebelum difungsikan sebagai cagar budaya, istana satu ini pernah digunakan sebagai pusat bala tentara dan penjara saat masa pemerintahan bin Musa'ad.

#3. Shadda Palace


Shadda Palace merupakan istana pusat pemerintahan di Kota Abha, Arab Saudi. Istana ini dibangun pada tahun 1820 namun kini sudah dialihfungsikan sebagai museum.

#4. Tuwaiq Palace



Tuwaiq Palace merupakan salah satu bangunan istana di Riyadh, Arab Saudi. Istana ini sering dijadikan gedung yang berfungsi untuk menyelenggarakan resepsi negara dan festival budaya untuk memperkenalkan seni dan adat istiadat Arab Saudi ke masyarakat internasional.

#5. Barzan Palace


Bangunan ini termasuk bangunan bersejarah di Arab Saudi. Terletak di Ha'il istana ini dibangun pada tahun 1808 oleh Pangeran Prince Muhammad bin Abdul-Muhsin Al Ali. Pembangunan istana rampung di masa Talal ibn Abdullah. Walau sudah tak lagi dipakai, istana ini memiliki luas 300 ribu meter persegi.

No comments:

Post a Comment