Saturday, March 18, 2017

Hadiah Raja Saudi untuk Sukarno hingga Obama

Raja Arab Saudi tidak pernah absen dalam memberikan cendera mata istimewa kepada para petinggi negara dalam kunjungan kenegaraan. Hal itu sudah menjadi tradisi untuk menghargai tuan rumah yang telah menyambut. Selain itu, pemberian hadiah atau cendera mata sekaligus menjadi penanda kunjungan yang telah dilakukan.


Seperti yang pernah diberikan Kerajaan Arab Saudi kepada Presiden RI pertama Sukarno. Ketika beribadah haji pada tahun 1955, tokoh proklamator itu diberi fasilitas berupa mobil Fiat Chrysler Crown Imperial dari Raja Saud bin Abdulaziz. Mobil sedan tersebut menjadi yang paling mahal di kelasnya dan menjadi tunggangan para pemimpin dunia kala itu. Begitu akan pulang ke Indonesia, Raja Saud memberikan mobil tersebut kepada Sukarno.

Cendera mata bernilai miliaran rupiah dari Raja Saudi juga pernah diterima oleh Presiden Amerika Serikat Barack Obama pada tahun 2015. Saat Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud berkunjung ke Amerika pada September 2015, ia memberikan cendera mata kepada Obama berupa patung kuda. Yang membuat patung kuda tersebut bernilai fantastis adalah materialnya yang terbuat dari perak dan berlapis berlian, safir kuning, rubi dan batu obsidian. Obama juga mendapat satu set alat golf yang harganya ditaksir mencapai Rp 6,9 miliar.




Pemberian cendera mata mewah itu bukan pertama kali yang diterima oleh Obama. Saat menerima kunjungan Raja Saudi sebelumnya, yakni Raja Abdullah, pada tahun 2014, Obama menerima jam tangan yang terbuat dari emas, yang harganya diperkirakan mencapai Rp 243 juta. Selain itu, Obama mendapat replika menara jam Mekah berlapis emas dengan harga Rp 761 juta dan jam tangan yang terbuat dari emas putih seharga Rp 894 juta.

Hillary Clinton, yang pernah menjabat menteri luar negeri di era kepemimpinan Obama, juga pernah mendapat hadiah dari Raja Abdullah. Pada tahun 2012, Hillary menerima hadiah mewah berupa perhiasan emas yang terdiri dari kalung, gelang, cincin, dan anting. Nilainya mencapai jutaan dolar AS.


Cendera mata istimewa nan fantastis harganya juga pernah diberikan Raja Abdullah kepada Paus Benediktus XVI saat berkunjung ke Vatikan pada tahun 2007. Raja Abdullah memberikan pedang emas dan perak bertatahkan permata. Selain pedang emas, sang Raja mempersembahkan patung emas bergambar pohon palem dengan seorang pria yang tengah menunggangi unta kepada Paus Benediktus.


Sedangkan baru-baru ini, Kerajaan Arab Saudi memberi cendera mata berupa pedang berwarna kuning emas kepada Polri. Bukan hanya pedang, beberapa cendera mata lain seperti jam tangan, pulpen, tasbih, cincin emas bahkan belati diberikan kepada beberapa pejabat negara. Taksiran awal dari barang-barang cendera mata tersebut bernilai lebih dari Rp 5 miliar.

No comments:

Post a Comment