Thursday, March 9, 2017

Dari 25 Pangeran Arab, Siapa Penerus Raja Salman?


Seperti yang telah diketahui, Raja Salman bin Abdul Aziz merupakan penerus Raja Abdullah. Raja Salman merupakan Raja ke-7 yang mulai menjabat pada tahun 2015, karena Raja Abdullah meninggal di usia 90 tahun.


Sebetulnya sistem perpindahan kekuasaan di kerajaan Arab Saudi cukup mudah dimengerti. Semua keturunan Raja Abdul Aziz yang dikenal sebagai Ibnu Saud secara otomatis berkesempatan menjadi Raja Arab Saudi. Dalam praktiknya, seorang Raja yang terpilih berhak untuk menunjuk Putra Mahkota dan Wakil Putra Mahkota. Putra Mahkota nantinya akan meneruskan pemerintahan sebagai Raja Arab Saudi, sementara Wakil Putra Mahkota baru akan menjadi Raja bila Putra Mahkota wafat.

Arab Saudi memiliki cukup banyak pangeran, sebab Raja Abdul Aziz sendiri diketahui memiliki sedikitnya 45 putra dan 36 di antaranya masih hidup hingga kini, Raja Salman salah satunya. Sementara itu, Raja Salman sendiri dikaruniai 13 anak dari tiga istri.

Silsilah Keluarga Raja Salman dari Istri Pertama


Raja Salman pertama kali menikah dengan Sultana binti Turki, sepupunya sendiri. Istri pertama Raja Salman meninggal pada usia 71 tahun pada tahun 2011 lalu. Dengan istri pertamanya, Raja Salman dikaruniai 6 orang anak yakni Pangeran Fahad, Pangeran Ahmed, Pangeran Sultan, Pangeran Abdulaziz, Pangeran Faisal, dan Putri Hassa.

Putra pertama Raja Salman, Pangeran Fahad meninggal karena serangan jantung pada usia 47 tahun tahun 2001 silam. Menyusul putra keduanya, Ahmad yang juga meninggal karena serangan jantung pada tahun berikutnya.

Sementara itu, Putra ketiga Raja Salman yakni Pangeran Sultan menjadi anggota keluarga kerajaan pertama yang menjadi astronot dengan mengendarai Space Shuttle Discovery (STS-51-G) pada bulan Juni 1985 silam. Saat ini Pangeran Sultan menjabat sebagai kepala Departemen Pariwisata dan Budaya Arab Saudi.

Pangeran Sultan
Pangeran Sultan
Selanjutnya ada Pangeran Abdul Aziz yang menjabat sebagai Menteri Perminyakan sejak tahun 1995 silam. Dan Pangeran Faisal merupakan Gubernur Kota Madinah saat ini.

Pangeran Faisal
Pangeran Faisal
Silsilah Keluarga Raja Salman dari Istri Kedua

Dengan istri kedua, yakni Sarah binti Faisal Al Subai'ai, Raja Salman dikaruniai seorang putra bernama Pangeran Saud yang tidak diketahui kabarnya saat ini sama seperti Putri Hussa dari pernikahan pertama sang Raja.

Silsilah Keluarga Raja Salman dari Istri Ketiga


Lalu Raja Salman menikah lagi dengan istri ketiga yakni Fahda binti Falah bin Sultan Al Hithalayn. Dengan Fahda, Raja Salman dikaruniai enam orang putra yakni Pangeran Mohammed, Pangeran Turki, Pangeran Khalid, Pangeran Nayif, Pangeran Bandar dan Pangeran Rakan.

Anak pertama dari perkawinan ketiga Raja Salman, Pangeran Mohammed lahir pada tahun 1985. Pangeran berusia 31 tahun ini kini telah menduduki jabatan penting sebagai Wakil Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi, mewakili sepupunya Muhammad bin Nayef. Tak hanya menjadi putra mahkota, Pangeran Mohammed juga ditunjuk sebagai Menteri Pertahanan Arab Saudi dan mendapatkan titel Menteri Pertahanan Termuda di dunia.

Pangeran Mohammed
Pangeran Mohammed
Pangeran yang disebut-sebut memiliki kecerdasan di atas Pangeran lainnya ini dapat mengumpulkan kekuasaan dengan sangat cepat. Saat ini Pangeran Mohammed juga menjabat sebagai Ketua Dewan Urusan Ekonomi dan Pembangunan untuk mengawasi ekonomi Arab Saudi dan juga memegang kursi kepemimpinan di perusahaan minyak negara, Aramco.

Sementara sang Adik yakni Pangeran Turki menjabat sebagai Pemimpin Dewan Direksi Saudi Research and Marketing Group selama satu tahun. Pangeran Turki memilih mundur dari jabatannya ini pada tahun 2014 lalu dan berfokus pada usaha yang ditekuninya sendiri.

Pangeran Turki
Pangeran Turki
Lalu ada Pangeran Khalid yang disebutkan oleh Business Insider sebagai seorang pilot jet tempur F-15 yang turut serta memerangi kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) pada September 2014 lalu. Sementara ketiga pangeran lain yakni Pangeran Nayif, Pangeran Bandar, dan Pangeran Rakan tidak terdapat informasi yang diketahui.

Pangeran Khalid
Pangeran Khalid
Penerus Raja Salman

Apabila Raja Salman meninggal dunia maka gelar Raja Arab Saudi akan jatuh pada Muhammad bin Nayef yang merupakan anak tertua dari kakak Raja Salman, Nayef bin Abdulaziz. Hal ini disebabkan oleh jabatan yang dipegangnya saat ini sebagai putra mahkota.

Bila terjadi hal yang tidak diinginkan, atau Pangeran Muhammad bin Nayef diketahui meninggal dunia maka tahta kerajaan akan diserahkan pada putra sulung Raja Salman dari istri ketiganya, yakni sang Menteri Pertahanan Termuda Pangeran Mohammed.

No comments:

Post a Comment